Analisis kebutuhan ini bertujuan mengetahui kebutuhan bahan ajar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri Palembang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yang diambil dari ketiga SMA Negeri Palembang. Sampel penelitian terdiri dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di ketiga SMA. Jumlah peserta didik dari SMA Negeri 4 Palembang adalah 68 orang, dari SMA Negeri 9 Palembang berjumlah 72 orang, , dan dari SMA Negeri 19 Palembang berjumlah 80 orang. Instrument yang digunakan adalah lembar angket, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis kebutuhan dari ketiga SMA Negeri Palembang bahwa harapan guru dan peserta didik dibuatkan bahan ajar E-Book 6%, E-Modul 24%, E-LKPd 37%, Media 3 dimensi 9%, dan Video Pembelajaran 24% sehingga yang paling tinggi harapan dibuatkan E-LKPd berbasis model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi bakteri.
Copyrights © 2022