Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 8, No 2 (2020)

PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS IV KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU

Adam Suar (MIM 01 Pekanbaru)
Caska Caska (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)
Makhdalena Makhdalena (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode survey. Responden penelitian adalah guru SD Negeri Gugus IV Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru yang berjumlah 97 orang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket sebagai instrument penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru secara simultan sebesar 0,661 dan secara parsial berpengaruh positif sebesar 0,249 dan 0,646

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...