Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 6 (2022)

MELATIH KEMAMPUAN MENCIPTA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK-STEM

Rosa Yoeliana (Riau University, Pekanbaru)
Yennita Yennita (Riau University, Pekanbaru)
Mitri Irianti (Riau University, Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2022

Abstract

Siswa yang dapat bersaing dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21 adalah siswa yang memiliki kemampuan diantaranya berpikir tingkat tinggi dan berpikir kreatif, sehingga siswa dapat melatih kemampuan berpikirnya untuk berpikir dan menalar mencari solusi untuk menjawab permasalahan rumit yang akan datang. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan kognitif dalam indikator mencipta. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut perlu diterapakan pembelajaran yang inovatif dan berorientasi kepada high order thinking skills salah satu pembelajarannya ialah pembelajaran berbasis proyek STEM (Pjbl-STEM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada indikator mencipta dengan Pjbl-STEM. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent post-test only control group. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes dengan instrumen penelitian berupa soal kemampuan berpikir tingkat tinggi pada indikator mencipta. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan rata-rata kelas dengan menerapkan Pjbl-STEM dan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional bernilai positif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...