Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 6 (2022)

PENGARUH MOTIVASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI PADA MASA PANDEMI

Dicha Putri Rezkia (Universitas Riau, Pekanbaru)
Almasdi Syahza (Universitas Riau, Pekanbaru)
Mujiono Mujiono (Universitas Riau, Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku menunda untuk mengerjakan atau menyelesaikan tugas oleh beberapa mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Riau. Hal itu terjadi dikarenakan motivasi yang ada dalam diri beberapa mahasiswa tersebut berada pada tingkat yang rendah, sehingga mereka melakukan penundaan terhadap pekerjaan atau tugas yang diberikan. Untuk menghindari perilaku prokrastinasi akademik tersebut, dibutuhkan motivasi diri pada mahasiswa dalam pembelajaran agar dapat menyelesaikan tugas dengan segera tanpa menunda-nunda. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi diri terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi pada masa pandemi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket yang disebarkan melalui google formulir pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi tahun angkatan 2018 dan 2019. Teknik penentuan sampel dilakukan secara acak sederhana. Sampel diperoleh sebanyak 109 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 82,6% mahasiswa memiliki tingkat motivasi diri yang tinggi, kemudian menunjukkan bahwa 55,9% mahasiswa memiliki tingkat prokrastinasi akademik yang rendah. Analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa pada tingkat signifikansi 5 persen dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi diri terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Riau.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...