KABILAH : Journal of Social Community
Vol. 7 No. 2 (2022): Desember

PEMBELAJARAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI No 15 SEGEDONG MELALUI KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR 2

Neva Satyahadewi (Universitas Tanjungpura, Pontianak)
Riza Linda (Universitas Tanjungpura)
Amriani Amir (Universitas Tanjungpura)
Asri Mulya Ashari (Universitas Tanjungpura)
Rita Kurnia Apindiati (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Abstrak: Kemampuan literasi dan numerasi merupakan kompetensi dasar manusia dalam menghadapi dan memahami rutinitas kehidupan sehari-hari melalui aktivitas membaca, melihat, berhitung sederhana ,bercakap dan menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas 5 di SDN No 15 Segedong Pontianak melalui kegiatan Kampus Mengajar 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana pengumpulan data primer berdasarkan observasi langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data faktual berdasarkan wawancara dengan pihak sekolah disertai dokumentasi, dan ditunjang dengan data sekunder dari penelusuran referensi ilmiah yang relevan dengan topik yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada awal kegiatan terdapat beberapa peserta didik yang mengalami stagnansi dalam pembelajaran literasi numerasi, kemungkinan disebabkan oleh pembelajaran daring di rumah selama pandemic Covid 19, tetapi pada akhir kegiatan menunjukkan seluruh peserta didik yang berjumlah 19 peserta didik telah tuntas memiliki kemampuan literasi numerasi diindikasikan dengan kemampuan mengerjakan soal-soal tematik melalui kemampuan membaca, berhitung, menulis, menyimak dan dan menyelesaikan asessmen kompetensi minimum untuk persiapan mengikuti asesmen nasional berbasis komputer di kelas 6 nanti. Kata Kunci: Literasi; Numerasi; Kampus Mengajar; SDN No 15 Segedong; Asesmen

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kabilah

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

KABILAH (Journal of Social Community) Print-ISSN: 2502-9649 and Online-ISSN: 2503-3603, this journal is published by Institute for Research and Community Service (LP2M) Islamic College Nazhatut Thullab Sampang Madura. Journal published twice a year, every June and December. This journal contains ...