Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 2 No. 6 (2022)

Analisis Penerapan TPACK dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri

Alifya Kusuma Wardani (Universitas Negeri Malang)
Suhartono Suhartono (Universitas Negeri Malang)
Titis Angga Rini (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Abstract: TPACK is a framework that integrates three main areas of knowledge, namely technological knowledge, pedagogical knowledge, and content knowledge. These three knowledge are important knowledge and are in accordance with current educational needs. Therefore, it is important for teachers to be able to apply the TPACK framework in their lesson plans. The purpose of this study was to analyze the application of TPACK in the implementation plan of learning at SDN 01 Ngadilangkung, Kepanjen District, Malang Regency. This research is a mixed methods research / mixed methods research type explanatory sequential. Techniques in data collection using documentation, questionnaires and interviews. The validity of the data in this study used triangulation with this type of triangulation technique. Based on the research that has been done, the results show that the implementation of TPACK in the learning implementation plan at SDN 01 Ngadilangkung is included in good criteria with an average score of 77.5 percent. Abstrak: TPACK merupakan kerangka yang mengintegrasikan tiga pengetahuan utama yakni pengetahuan teknologi, pengetahuan pedagogi, dan pengetahuan konten. Ketiga pengetahuan itu merupakan pengetahuan yang penting dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan saat ini. Oleh sebab itu, penting untuk guru dapat menerapkan kerangka kerja TPACK dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penerapan TPACK dalam rencana pelaksanaan pembelajaran di SDN 01 Ngadilangkung Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods/ penelitian metode campuran jenis explanatory sequential. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan wawancara. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi dengan jenis triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa penerapan TPACK dalam rencana pelaksanaan pembelajaran di SDN 01 Ngadilangkung termasuk dalam kriteria baik dengan skor rata-rata sebesar 77,5 persen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...