Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Vol. 6 No. 2 (2022): November 2022

Profil Gangguan Bahasa Bicara Anak dengan Hearing Impairment Usia 7 Tahun

Yuli Afmi Ropita Sari (STIKes MERCUBAKTI JAYA Padang)
Rahmi Khalida (STIKes MERCUBAKTI JAYA Padang)
Ilham Akerda Eddyul (STIKes MERCUBAKTI JAYA Padang)
Rifka Putri Handayani (STIKes MERCUBAKTI JAYA Padang)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gangguan bahasa bicara yang terjadi pada anak dengan hearing impairment usia 7 tahun. Metode penelitian ini adalah studi kasus (deskirptif kualitatif). Hasil dari penelitian ini adalah karakteristik gangguan bahasa bicara pada klien dengan hearing impairment adalah bahasa ekspresif dan reseptifnya mengalami masalah, gangguan artikulasi masih terdapatnya SODA (substitusi, omisi, distorsi, dan adisi pada setiap ucapannya), suara hipernasal, dan klien mengalami masalah pada pendengarannya (memakai alat bantu dengar). Pelaksanaan penelitian pada kasus ini dimulai dari wawancara dengan orangtua, observasi klien dan tes kemampuan bahasa dan bicara klien. Dari hasil penelitian ini sebagai acuan dalam pembutan program pada klien. Kesimpulan yang didaptkan klien mengalami masalah reseptif, eksperif, masalah pragmatic dan gangguan pada artikulasinya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpkk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun (bulan April dan November). Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus ...