Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Wisuda ke-49 Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris

TEACHING WRITING BY COMBINING PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL WITH SENTENCE VARIETY STRATEGY FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

-, NURHIDAYAT - ( Mahasiswa Program Studi Pendidkan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
02 May 2015

Abstract

Makalahinimendiskusikantentangpembelajaran writing untuksiswa SMP denganmenggunakanstrategiPicture Word Inductive ModeldenganSentence Variety. Salah satumasalah yang seringdihadapi guru yaitubagaimanamempermudahsiswadalammenulissebuah paragraph khususnyapadadeskriptifteks, Merekaseringmenghadapikendalasepertipenulisankonsep yang akanmerekatulismenjadisebuah paragraph, Masihbingunguntukmenggunakankosa kata dalam proses kegiatanmenulisdanKesulitandalampenyusunankalimatmenjadisebuah paragraph yang baik. Salah satusolusi yang sesuaidigunakanuntukpermasalahantersebutyaitudenganmenggunakangabunganStrategiPicture Word Inductive ModeldanSentence Variety.Dalampenerapannya, guru memberikansebuahgambaruntukbahankonsep yang akanditulisolehsiswanantinya, Kemudiandarigambartersebutmerekabisamemperolehkosa kata, menulis draft, menulis paragraph danmerevisidenganmenambahkankekurangan yang merekatemui di dalam paragraph tersebut. Melaluiprosedurtersebutmenulisdeskriptifakansemakinmudahbagisiswadandapatmembuatmerekalebihtertarikatautermotivasidalam proses pembelajaran. Makadariitudenganadanyakombinasistrategiinidiharapkan guru dansiswamemilikisebuahpegangan yang dapatmembuat proses belajarmengajar writing bukanlagikegiatan yang membosankan.

Copyrights © 2014