Makalahinimendiskusikantentangpembelajaran writing untuksiswa SMP denganmenggunakanstrategiPicture Word Inductive ModeldenganSentence Variety. Salah satumasalah yang seringdihadapi guru yaitubagaimanamempermudahsiswadalammenulissebuah paragraph khususnyapadadeskriptifteks, Merekaseringmenghadapikendalasepertipenulisankonsep yang akanmerekatulismenjadisebuah paragraph, Masihbingunguntukmenggunakankosa kata dalam proses kegiatanmenulisdanKesulitandalampenyusunankalimatmenjadisebuah paragraph yang baik. Salah satusolusi yang sesuaidigunakanuntukpermasalahantersebutyaitudenganmenggunakangabunganStrategiPicture Word Inductive ModeldanSentence Variety.Dalampenerapannya, guru memberikansebuahgambaruntukbahankonsep yang akanditulisolehsiswanantinya, Kemudiandarigambartersebutmerekabisamemperolehkosa kata, menulis draft, menulis paragraph danmerevisidenganmenambahkankekurangan yang merekatemui di dalam paragraph tersebut. Melaluiprosedurtersebutmenulisdeskriptifakansemakinmudahbagisiswadandapatmembuatmerekalebihtertarikatautermotivasidalam proses pembelajaran. Makadariitudenganadanyakombinasistrategiinidiharapkan guru dansiswamemilikisebuahpegangan yang dapatmembuat proses belajarmengajar writing bukanlagikegiatan yang membosankan.
Copyrights © 2014