SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 7, No 2 (2022): SAINTIFIK@: Jurnal Pendidikan MIPA EDISI OKTOBER 2022

PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI DUAL PROCCES THEORY

Lili Suratmi (Unknown)
Soleman Saidi (Unknown)
Purwati Purwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada soal cerita matematika ditinjau dari dual procces theory. Teori ini menjelaskan bahwa terdapat dua sistem yakni sistem 1 dan sitem 2 yang selalu bekerja pada setiap otak seseorang ketika menghadapi permasalahan. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan mengambil subjek sebanyak 4 siswa SMP Muhammadiyah 1 Kota Terate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir yang digunakan oleh siswa lebih cenderung pada sistem 1 ketimbang menggunakan sistem 2. Hal ini disebabkan karena ketidaklengkapan struktur siswa yang mendorong siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan selalu menggunakan model bepikir sistem 1.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...