Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 10, No 2 (2022)

Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII Mts Al- Wasliyah Titi Merah Tahun Ajaran 2021/2022

Mapilindo, Mapilindo (Unknown)
Hanina, Hanina (Unknown)
Rahmayanti, Sri (Unknown)
Rizka, Inayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2022

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII Mts Al-Wasliyah Titi Merah T.A 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen pada kelas VII-A dan VII-B semester genap. Penelitian ini adalah seluruh kelas VII Mts Al-Wasliyah Titi Merah. Dalam penelitian ini teknik menentukan sampel adalah teknik cluster random sampling dengan  kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan instrument tes. Untuk tes kemampuan  pemecahan  masalah siswa teknik analisis data yang digunakan uji statistik t. Hasil uji statistik t pada kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh thitung = 2,11 > ttabel = 1,71 pada taraf signifikan karena thitung  > ttabel, maka hipotesis diterima, artinya  rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah yang menggunakan model Think-Pair-Share  lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh model Think-Pair-Share terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. 

Copyrights © 2022