Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Kekerasan Verbal Orang Tua dan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini di Kelurahan Mutiara, Kabupaten Alor, NTT

Beatriks Novianti Bunga (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusa Cendana)
Sartika Kale (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusa Cendana)
Margaritha Soi Maure (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusa Cendana)
Engelbertus Ngalu Bali (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2022

Abstract

Studi ini ingin memeriksa bagaimana pengaruh kekerasan verbal orang tua terhadap rasa percaya diri anak. Sebanyak 58 orang tua dan 58 anak usia 4-6 tahun terlibat dalam studi ini. Variabel bebas penelitian ini adalah kekerasan verbal orang tua dan variabel terikatnya kepercayaan diri anak. Tahnik sampling purposive digunakan sebagai alat penentuan sample. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner kekerasan verbal untuk orang tua dan kepercayaan diri untuk anak. Validasi ahli, validasi isi dan validasi statistik digunakan dalam penelitian ini. Tahapan analisis data yang dimulai dengan menguji normalitas data, linearitas data, heteroskedastisitas data, serta uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Secara signifikan terdapat pengaruh antara kekerasan verbal orang tua (X) terhadap rasa percaya diri anak (Y). Terlihat dari nilai R square diperoleh sebesar 0.432 atau 43.2 persen dengan tingkat pengaruh sedang dengan taraf signifikansi 0.000 kurang dari 0.005. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kekerasan verbal orang tua terhadap rasa percaya diri anak usia 4-6 tahun di Kelurahan Mutiara, Kabupaten Alor. Namun 0.568 atau 56.8 persen dipengaruhi oleh faktor lain seperti tingkat pendidikan dan budaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...