Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Model Komunikasi Persuasif pada Pembelajaran Materi Praktek Shalat Fardhu pada Anak Usia Dini

Mavianti Mavianti (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Rizka Harfiani (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Ellisa Fitri Tanjung (Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini mengemukakan model komunikasi persuasif pada pembelajaran materi praktek shalat fardhu pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan model Spradley yakni dengan melakukan analisis domain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model komunikasi persuasif sangat mendukung bagi guru dalam proses pembelajaran materi praktek shalat fadhu pada anak usia dini. Untuk mendukung komunikasi persuasif maka guru harus menguasai materi shalat fardhu sesuai tarjih Muhammadiyah, strategi pembelajaran yang menarik, kondisi belajar yang mendukung dan adanya dukungan dari kepala sekolah. Melalui penelitian ini juga diperoleh informasi bahwa media pembelajaran berbasis audio visual praktek shalat fardhu sesuai Sunnah sangat dibutuhkan dalam mendukung model komunikasi persuasif yang diterapkan oleh guru

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...