Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Pengembangan Teknologi Digital Cerita Sains Terintegrasi Kearifan lokal untuk Anak Usia Dini

Delfi Eliza (Pendididikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang)
Trisna Mulyeni (Pendidikan Khusus, Universitas Negeri Jakarta)
Khairi Budayawan (Pendididikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang)
Sri Hartati (Pendididikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang)
Fisna Khairiah (Pendididikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang)
Ayu Intan Permana (Pendididikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Pembelajaran sains belum terlaksana dengan optimal di TK. Salah satu penyebabnya adalah belum tersedianya media pembelajaran yang dapat memfasilitasi anak untuk belajar sains. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh data hasil analisis kebutuhan yang merupakan acuan untuk mengembangkan media pembelajaran sains yaitu cerita sains bergambar terintegrasi kearifan lokal berbasis teknologi untuk anak usia dini.   Penelitian ini merupakan preliminary research yang merupakan bagian dari penelitian Research and Development model ADDIE, yakni fase analisis.  Penelitian pada fase analisis ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni dengan melakukan analisis kebutuhan yang menjadi dasar pengembangan produk berupa cerita sains berbasis budaya lokal.  Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen berupa kurikulum.  Subyek penelitian ini adalah anak TK Al-Huffazh. Dari penelitian ini diperoleh hasil analisis peserta didik, analisis kurikulum, dan anilisis pembelajaran sains.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...