Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 16, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan UNIGA

Kearifan Lokal “Nyaneut”: Perspektif Etnosains dan Kaitannya dengan Pembelajaran IPA

Hentty Marisa Nurrubi (Unknown)
Vina Anggun Nurfadilah (Unknown)
Abdul Latip (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2022

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil kajian pustaka mengenai kearifan lokal (Nyaneut) dalam perspektif etnoasains dan kaitannya dalam pembelajaran IPA. Kajian pustaka dilakukan pada 8 artikel yang dipublikasikan pada berbagai jurnal dari tahun 2017 sampai 2022. Kajian pustaka dilakukan dengan 4 langkah yaitu memilih topik yang sesuai dengan judul yang akan di review, melakukan pengumpulan dan penyeleksian artikel yang sesuai dengan topik yang sudah dipilih, melakukan analisis dan sintesis literatur artikel, serta mengorganisasikan tulisan. Hasil dari kajian pustaka dan analisisnya menunjukkan bahwa: (1) Semua jenis kearifan lokal pada artikel yang dikaji memuat konten IPA. (2) Tahapan Nyaneut memuat pengetahuan asli masyarakat dan pengetahuan ilmiah (sains). (3) Tahapan-tahapan dalam proses Nyaneut memiliki keterkaitan dengan Kompetensi Dasar pada kurikulum IPA, dan (4) Tahapan pada proses Nyaneut memiliki nilai-nilai karakter yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tradisi Nyaneut merupakan kajian etnosains dan memiliki keterakaitan dengan pembelajaran IPA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...