Jurnal Manajemen Dirgantara
Vol 15 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2022

PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Siti Munfaqiroh (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara)
Anastasius Mario Sandy Agung (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara)
Didik Priyo Sugiharto (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, (2) pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap terhadap loyalitas pelanggan, (3) pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Objek penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah pelanggan tuperware di Kota Malang. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner yang diisi secara langsung oleh 100 responden Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji t, dan analisis jalur (path analyse). Berdasarkan hasil uji hipotesis (1) ada pengaruh antara variabel brand image dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, (2) ada pengaruh antara variabel brand image dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan, (3) secara tidak langsung brand image dan kualitas produk melalui kepuasan pelanggan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmd

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Industrial & Manufacturing Engineering Transportation

Description

Jurnal Manajemen Dirgantara is a scientific journal published by Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Jurnal Manajemen Dirgantara was first published in 2008 with registered number ISSN 2252-7451 (Print) and ISSN 2622-0946 (Online), is a peer-reviewed journal published two times a year (July and ...