JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia)
Vol 7, No 2 (2022): Volume 7 Number 2, September 2022

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MICROSOFT MATH SOLVER (MMS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Penra Heryana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Isti Rusdiyani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Lukman Nulhakim (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2022

Abstract

Penelitian dilakukan sesuai dengan permasalahan dalam proses pembelajaran, yaitu (1) pembelajaran yang biasanya dilakukan tidak sepenuhnya dikuasai oleh siswa; (2) sebagai pendidik harus berinovasi sesuai tuntutan zaman; (3) penggunaan smartphone sebagai alternatif sumber belajar yang efektif; (4) penggunaan android dapat menyelesaikan masalah matematika dan meningkatkan kemandirian belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran android Microsoft Math Software (MMS) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pembelajaran mandiri. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan desain posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket kemandirian belajar, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Data yang diperoleh dianalisis dan dideskripsikan untuk uji normalitas dan homogenitas, uji N-Gain Score, dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen sebesar 72,11% berada pada kategori “Tinggi”, sedangkan pada kelas kontrol hanya 26,70% yang dinyatakan “Rendah”. Hasil angket yang diperoleh 82,62% kemandirian belajar dinyatakan dalam kategori “Tinggi”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPMI

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), e-ISSN: 2477-8443, p-ISSN: 2477-5959 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and studies in the field of science ...