Mimbar Ilmu
Vol. 27 No. 3 (2022): Desember

Layakkah Media Papan Ludo Digunakan Pada Muatan IPA Untuk Siswa Sekolah Dasar?

Maria Ulfa (Universitas Musamus, Merauke, Indonesia)
Yonarlianto Tembang (Universitas Musamus, Merauke, Indonesia)
Ivylentine Datu Palittin (Universitas Musamus, Merauke, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2022

Abstract

Papan ludo merupakan inovasi media pembelajaran sebagai penguatan materi yang berisi tentang kuis dari materi yang telah dipelajari oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kelayakan dan keterbacaan media papan ludo pada muatan IPA siswa kelas IVB. Metode dalam penelitian ini yaitu R&D menggunakan model Thiagarajan, atau 4D yaitu define, design, development and dissemination. Namun dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap developement karena melihat waktu pada saat penelitian dimasa pandemi. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media dan siswa kela IV SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validasi dan angket respon peseta didik serta didukung dengan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket validasi para ahli dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media papan ludo yang dikembangkan telah divalidasi oleh 3 validator dengan presentase ahli materi 82% ahli bahasa 87% dan ahli media 89%. Sedangkan hasil rata-rata angket keterbacaan media papan ludo yang dilakukan oleh siswa yaitu sebesar 100%. Dari hasil penelitian ini dapat simpulkan bahwa penggunaan media papan ludo sangat layak digunakan dengan presentase 86% dan sangat menarik digunakan sebagai media pembelajaran muatan IPA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...