Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 10: Special Issue No. 1 (2022)

Tokoh Pendidikan Islam Dalam Dinamika Islamisasi Sains (Studi Komparatif Pemikiran Pendidikan Islam Fazlurrahman dan Azyumardi Azra)

Toto Warsito (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Khaerul Wahidin (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Dunia pemikiran pendidikan Islam Indonesia mengenal adanya sosok Fazlur Rahman dan Azyumardi Azra yang menawarkan pembaruan pendidikan Islam melalui pengintegrasian sains dan keislaman berikut strategi implementasinya dalam pendidikan baik sebagai system maupun kelembagaan. Melalui studi kepustakatan, komparasi antara pemikiran Rahman dan Azra mendapatkan kesimpulan bahwa; 1) Rahman maupun Azra menempatkan dikotomi ilmu-ilmu agama dan sains sebagai akar kemunduran pendidikan Islam dengan konsep pengintegrasian sebagai solusinya, serta peserta didik dan pendidik harus dimobilisasi untuk melakukan riset ilmiah berikut publikasinya; 2) Rahman mensyaratkan perekrutan peserta didik secara ketat berdasar bakat dan kemampuan, sebaliknya Azra menawarkan konsep ekspansi kuantitas (perekrutan sebanyak-banyaknya) dengan konsep diversifikasi penjurusan. Rahman juga mengedepankan pendidik alumni doktoral universitas Barat sebaliknya Azra memilih memproduksi ilmuwan melalui dukungan kebijakan, fasilitas dan finansial dibandingkan mendatangkan ilmuwan (pendidik) dari luar; 3) konsep pemikiran pendidikan Rahman identic dengan upaya pengadopsian seluas-luasnya terhadap system pendidikan Barat dalam pendidikan Islam sementara Azra dengan konsep integrasi, modernisasi dan demokratisasi pendidikan lebih bersifat pengadopsian terbatas (adabtasi) system pendidikan Barat dalam pendidikan Islam khususnya Indonesia; 4) Konsep pembaruan yang diajukan Azra lebih komprehensif dan sistematis dibandingkan konsep Rahman meskipun dalam hal ini keduanya sama-sama belum memiliki tawaran yang baku terkait kurikulum pendidikan yang mencerminkan adanya pengintegrasian sains dalam pendidikan Islam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and ...