Buletin Poltanesa
Vol 23 No 2 (2022): Desember 2022

Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan Anggaran Pembangunan Desa di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba

Jusman (Administrasi Publik, Universitas Handayani Makassar)
Abd Rahman (Administrasi Publik,Universitas Handayani Makassar)
Abdul Mahsyar (Administrasi Publik, Universitas Handayani Makassar)
Nasrullah (Sistem Informasi, Universitas Handayani Makassar)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi masyarakat terhadap pembangunan dalam penyusunan anggaran pembangunan desa di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba hal tersebut dikarenakan pemerintah desa yang ada kurang melibatkan atau memberikan informasi kepada masyarakat setiap kegiatan atau rapat dalam penyusunan anggaran pembangunan desa. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dilihat dari indikator partisipasi yakni partisipasi masyarakat dalam bentuk tenaga, partisipasi masyarakat dalam bentuk pikiran, dan partisipasi masyarakat dalam bentuk waktu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara secara mendalam dan dianalisis secara deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam penyusunan anggaran pembangunan Desa di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba berada pada kategori Belum Baik. Olehnya itu pemerintah desa terlibat aktif dalam memberikan informasi kepada masyarakat secara transparan, sehingga masyarakat mempunyai kesadaran untuk ikut berpartisipasi dalam penyusunan anggaran pembangunan desa untuk mencapai pembangunan yang lebih.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tanesa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

Buletin Poltanesa is a collection of research articles, scientific works, and dedication from all academic community in order to integrate information. Buletin Poltanesa provides open publication services for all members of the public, both in all tertiary educational and teacher environments and ...