Jejak: Jurnal Pendidikan Sejarah Universitas Jambi
Vol. 2 No. 2 (2022): Kajian Pendidikan Sejarah, Ilmu Sejarah, & Sosial

PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DARI PERISTIWA PERTEMPURAN 10 NOVEMBER DI SURABAYA

Muwafiq, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2022

Abstract

Tulisan ini membahas mengenai nilai-nilai nasionalisme yang dapat diambil dan diterapkan kepada siswa melalui pembelajaran sejarah dari peristiwa pertempuran 10 November di surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai apa saja yang dapat diambil dan diterapkan kepada siswa dari peristiwa pertempuran 10 November di surabaya dan bagaimana cara menerapkannya melalui pembelajaran sejarah disekolah.  Pendekatan penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, pendekatan kualitatif dan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka atau library research. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai yang dapat diambil dan diterapkan kepada siswa dari peristiwa pertempuran 10 November di surabaya antara lain: cinta tanah air, jujur, bekerja keras, peduli, tanggung jawab, peduli lingkungan, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, rela berkorban, mandiri, demokratis, disiplin, jujur, dan religius.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jejak

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Sejarah dan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi yang berkerja sama dengan Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI). Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian asli, artikel konseptual, artikel review dan studi kasus. Fokus dan Cakupan ...