JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Efektivitas Media Pembelajaran Flashcard pada Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar

Sry Apfani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Adzkia)
Ega Putri Utami (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Adzkia)
Ade Irma Suryani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Adzkia)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyak peserta didik yang belum bisa mengetahui huruf abjad, masih adanya peserta didik yang belum bisa membaca kata, masih sering tertukar huruf yang berbentuknya sama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk media flashcard pada keterampilan membaca permulaan di kelas I sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model 4-D (Define, Design, Development Dan Dissemination). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen efektivitas. Hasil efektivitas mendapatkan nilai 88,67 dengan kriteria sangat efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran flashcard pada keterampilan membaca permulaan kelas I SD telah dinyatakan efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...