PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Vol. 4 No. 1 (2022): FEBRUARY

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Abdjul, Nurhalisa (Unknown)
Koesry, Zainul Romiz (Unknown)
Kaawoan, Selviyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Gorontalo merupakan satu  dari  Sembilan belas  hukum adat di Indonesia memiliki ragam hukum Adat diantaranya  adat Mopolihu Lo Limu  (Mandi Lemon) bagi anak perempuan umur 1 s.d 3  tahun.  Seiring perkembangan dan dinamika sosial, pelaksanaan adat ini  makin jauh dari makna esensialnya, lalu nilai-nilai apa yang dapat diungkap dari adat Gorontalo yang makin tidak populer dikalangan generasi muda Gorontalo. Desain penelitian menggunakan kajian fenomenologi melalui pendekatan kualitatif yang menitikberatkan pada Makna dan filosofis  adat Gorontalo Mopolihu Lo Limu  Data yang digunakan berupa : teks, kata-kata tertulis, frasa-frasa atau simbol-simbol, tindakan dan peristiwa dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa  Adat Mopolihu Lo Limu memiliki sejumlah makna yang relevan dengan Penguatan Pendidikan Karakter diantaranya : (1) Sikap Religius, (2)  Sikap Jujur, (3) Toleransi, (4) Disiplin, (5) Kerja keras, (6) Mandiri, (7) Cinta Tanah Air, (8) Bersahabat, (9) Cinta Damai, (10) Peduli Sosial, (11) Peduli Lingkungan dan (12) Bertanggung jawab.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pekerti

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, ...