JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa

Darinda Sofia Tanjung (Universitas Katolik Santo Thomas)
Sau Mahulae (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Agnes Fransisca Marheini Tumanggor (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian bahwa adanya pengaruh antara penggunaan model pembelajaran picture and picture berbantuan media audio visual  terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Medan Johor tahun pembelajaran 2021/2022. . Dapat dilihat dari hasil hipotesis dengan menggunakan uji “t” terhadap kedua hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran dan hasil belajar yang tidak meggunakan model pembelajaran. Dengan hasil yang diperoleh, thitung = 5,496 sedangkan ttabel dengan df 30 pada taraf signifikan 5% yaitu 1.725. Demikian thitung  >  ttabel (5,496 > 1.697) yang berarti hipotesis kerja dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh antara model picture and picture terhadap hasil belajar siswa di SD  Negeri 060938 Medan Johor. Dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa pada tema “Peristiwa dalam Kehidupan, Subtema peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan pada Pembelajaran 1” Posttest kelas V-B lebih tinggi dibandingkan pretest, yaitu posttes sebesar 86 > pretes sebesar 64,4.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, ...