Berdasarkan hasil penelitian bahwa adanya pengaruh antara penggunaan model pembelajaran picture and picture berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Medan Johor tahun pembelajaran 2021/2022. . Dapat dilihat dari hasil hipotesis dengan menggunakan uji “t” terhadap kedua hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran dan hasil belajar yang tidak meggunakan model pembelajaran. Dengan hasil yang diperoleh, thitung = 5,496 sedangkan ttabel dengan df 30 pada taraf signifikan 5% yaitu 1.725. Demikian thitung > ttabel (5,496 > 1.697) yang berarti hipotesis kerja dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh antara model picture and picture terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 060938 Medan Johor. Dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa pada tema “Peristiwa dalam Kehidupan, Subtema peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan pada Pembelajaran 1” Posttest kelas V-B lebih tinggi dibandingkan pretest, yaitu posttes sebesar 86 > pretes sebesar 64,4.
Copyrights © 2022