Dalam proses pembelajaran, motivasi belajar siswa yang baik tercipta dari penggunaan media pembelajaran yang menarik. Saat siswa mulai termotivasi dan minat belajarnya semakin tinggi, maka hasil belajar yang didapati murid juga akan semakin maksimal. Penelitian ini ditujukan untuk melakukan sebuah kajian literature mengenai penambahan semangat dan nilai belajar murid dengan memakai cara belajar permainan simulasi. Sebagai sebuah media belajar, permainan simulasi dapat memberikan sebuah pengalaman tiruan bagi para murid hingganya murid bisa dengan mudah memahami konsep, prinsip, ataupun keterampilan tertentu yang sedang diajarkan. Tinjauan ini memakai metode System Literature Review (SLR), yang tujuannya untuk mengidentifikasi, menilai, dan menafsirkan semua bukti dari penelitian sebelumnya, sehingga dapat mendapatkan jawaban dari sebuah problematik yang ada. Data dari kajian ini didapat dari menghimpun hasil penelitian dari 12 jurnal yang peneliti seleksi dari pencarian di goolge scholar. Dari 12 jurnal penelitian tersebut diketahui jika ternyata permainan simulasi dapat meningkatkan motivasi dan nilai belajar murid. Permainan simulasi tersebut bisa dipakai pada fase belajar di kelas siswa TK sampai dengan kelas mahasiswa.
Copyrights © 2022