Journal of Innovation Research and Knowledge
Vol. 2 No. 7: Desember 2022

PENGGUNAAN PERMAINAN SIMULASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Dezy Purwitaning Rahayu (Magister Teknologi Pendidikan Universitas Lampung)
Muhammad Nurwahidin (Magister Teknologi Pendidikan Universitas Lampung)
Sudjarwo Sudjarwo (Dosen S2 dan S3 FKIP Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Dalam proses pembelajaran, motivasi belajar siswa yang baik tercipta dari penggunaan media pembelajaran yang menarik. Saat siswa mulai termotivasi dan minat belajarnya semakin tinggi, maka hasil belajar yang didapati murid juga akan semakin maksimal. Penelitian ini ditujukan untuk melakukan sebuah kajian literature mengenai penambahan semangat dan nilai belajar murid dengan memakai cara belajar permainan simulasi. Sebagai sebuah media belajar, permainan simulasi dapat memberikan sebuah pengalaman tiruan bagi para murid hingganya murid bisa dengan mudah memahami konsep, prinsip, ataupun keterampilan tertentu yang sedang diajarkan. Tinjauan ini memakai metode System Literature Review (SLR), yang tujuannya untuk mengidentifikasi, menilai, dan menafsirkan semua bukti dari penelitian sebelumnya, sehingga dapat mendapatkan jawaban dari sebuah problematik yang ada. Data dari kajian ini didapat dari menghimpun hasil penelitian dari 12 jurnal yang peneliti seleksi dari pencarian di goolge scholar. Dari 12 jurnal penelitian tersebut diketahui jika ternyata permainan simulasi dapat meningkatkan motivasi dan nilai belajar murid. Permainan simulasi tersebut bisa dipakai pada fase belajar di kelas siswa TK sampai dengan kelas mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIRK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Innovation Research and Knowledge, published by Bajang Institute. Published in two formats, print and online, print version of ISSN: 2798-3471 and the online version of ISSN: 798-3641, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: Culture (a ...