Pendidikan karakter termasuk bagian penting pendidikan di sekolah pada tingkat dasar yang hakikat keberadaannya masih belum banyak dipahami. Studi kepustakaan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai hakikat pendidikan karakter dan urgensinya di sekolah dasar, serta komponen yang ada di dalamnya. Penelitian ini mengambil referensi dari beberapa buku dan artikel jurnal terkait. Penelitian ini memberi informasi hakikat pendidikan karakter adalah pendidikan untuk memperbaiki perilaku dan menanamkan pengetahuan moral anak didik. Usaha dalam pendidikan karakter di sekolah dasar sederhannya bertujuan agar siswa bisa menerapkan nilai religius dengan berbakti kepada orang tua, bekerja keras, memiliki rasa ingin tahu yang kuat, jujur serta tanggung jawab dan disiplin. Urgensi pendidikan karakter di sekolah dasar di latarbelakangi oleh kebutuhan peserta didik akan pendidikan moral yang disampaikan oleh pendidik serta dapat menggunakan metode dalam menyampaikannya. Menindaklanjuti temuan pada penelitian ini, maka pemahaman akan konsep ontologis dari pendidikan karakter harus benar-benar dipahami oleh setiap komponen yang terlibat dengan pendidikan karakter di sekolah tingkat dasar.
Copyrights © 2022