AbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja komite sebagai badan pertimbangan, seabagai badan pendukung, sebagai badan pengontrol dan sebagai badan penghubung dalam manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 1 Kota Ternate. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian reduksi data, penyajian data dan simpulan. Subjek penelitian ini adalah komite sekolah dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Komite sekolah sebagai badan pertimbangan cukup baik dalam hal perencanaan sekolah, perencanaan program (kurikulum, PMB dan Penilaian), pengelolaan sumber daya pendidikan (SDM, S/P, Anggaran). 2) Komite sekolah sebagai badan pendukung cukup baik dalam hal pengelolaan sumber daya, pengelolaan saraan dan prasarana dan pengelolaan anggaran. 3) Komite sekolah sebagai pengontrol dalam hal Mengontrol perancanaan pendidikan, memantau perencanaan program sekolah dan memantau output pendidikan. 4) Komite sekolah sebagai badan penghubung cukup baik dalam hal Perencanaan, pelaksanaan program dan pengelolaan sumber daya pendidikan.Kata Kunci : Kinerja, Komite Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah.
Copyrights © 2022