Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor peningkatan kualitas pelayanan publik di Kantor Unit Pelaksana Teknis pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kecamatan Puuwatu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Dimensi Tangibel (Bukti Fisik) mempunyai indikator kerapihan pegawai, sarana dan prasarana pelayanan,serta tata ruang tempat dalam melakukan proses sudah baik. Namun pada indikator sarana dan prasarana pelayanan belum memadai hal tersebut dikarenakan karena terbatasnya atau kurang fasilitas yang ada. b) Dimensi Reliability (Kehandalan) dengan indikator kecermatan dan kecepatan pegawai dalam melayani masyarakat, keahlian pegawai menggunakan system yang ada sudah diterapkan. Akan tetapi pada indikator kecepatan pegawai masih kurang dikarenakan kurangnya petugas pelayanan. (c) Dimensi Responsivines (Ketanggapan) yang mempunyai indikator merespon, cepat, tepat, cermat, tepat waktu dan merespon keluhan pengguna layanan sudah diterapkan termaksud denggan menerima saran dan masukan dari masyarakat. (d) Dimensi Assurance (Jaminan) yang mempunyai indikator ketepatan waktu pelayanan dan biaya pelayanan kepada masyarakat sudah diterapkan. Namun pada indikator ketetapan waktu belum efektif dikarenakan terbatasnya blangko dan sering terganggu jaringan, dan (e) Dimensi Emphaty dengan indikator sikap sopan pegawai, ramah dan tidak diskriminatif sudah diterapkan dalam proses pelayanan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019