Metakognisi : Jurnal Kajian Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2022): Metakognisi

Model Pembelajaran Radec (Read, Answer, Discuss, Explan, And Create) Untuk Meningkat Kemampuan Berikir Tingkat Tinggi (High Order Thingking Skill) Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Iyoh Maspiroh (STKIP Babunnajah)
E. Kus Eddy Sartono (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Perkembangan modernisasi dan globalisasi di abad 21 memiliki dampak yang luar biasa dalam semua sector kehidupan sehingga kita dituntut untuk memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan dan segala permasalahan kehidupan yang semakin kompleks. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki di abad ini adalah keterampilan berfikir (High Order Thingking Skill). Dalam penerapannya di lapangan khususnya pembelajaran IPA d Sekolah Dasar, HOTS belum sepenuhnya dicapai dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih sebatas memahami materi pelajaran atau berada pada level C2 dalam taksonomi Bloom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran RADEC sebagai alternatif dalam meningkatkan higher order thinking skill pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literature dari berbagai hasil penelitian baik nasional maupun internasional. Temuan dari penelitian ini adalah higher order thinking skill dalam pembelajaran IPA menjadi suatu hal yang penting yang harus dikembangkan oleh seorang guru. Penggunaan Model pembelajaran RADEC dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa dengan tahapannya yaitu Read, Answer, Discuss, Explain, and Create. Setiap tahapan dalam model RADEC mendorong siswa untuk dapat meningkatkan kemampuannya dalam berfikir tingkat tinggi (HOTS).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

metakognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Metacognition is a journal of educational studies that contain writing the results of thought analysis, conceptual studies and research in the field of ...