Quantum : Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya
Vol 2, No 2 (2022)

Implementasi Discovery Learning dalam Eksperimen Fisika untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Sri Wahyu Ningsih (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi)
Eko Fery Haryadi Saputro (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi)
Nurul Apsari (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Abstract: The purpose of the study was to find out whether discovery learning in physical experiments was able to grow students' critical thinking skills, and to know critical thinking skills in control and experimental class students. The samples of this study were students of class X Computer Network Engineering (TKJ), namely the experimental class and class X Office Administration (AP) vocational students, namely the control class at SMK Nusantara Nanga Pinoh. The research method used is a quasi-experimental research with quantitative research. The data collection technique used in this study is by means of tests and non-tests. The test in this study was using pretest and posttest questions, each consisting of 10 number of description questions, non-test using a student critical thinking skills questionnaire consisting of 25 statements. The results of the analysis obtained in the experimental class that students' critical thinking skills have increased seen from the growth of the posttest results and the suitability of the answers from the questionnaire, while teacher center-based learning in the control class did not experience growth as seen from the posttest results which even decreased.. Keywords: Discovery learning, critical thinking skillsAbstrak: Tujuan dari penelitian adalah mengetahui apakah discovery learning dalam eksperimen fisika mampu untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa, serta mengetahui perbandingan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas kontrol dan eksperimen. Sampel dari penelitian ini adalah siswa SMK kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) sebagai kelas eksperimen dan siswa SMK kelas X Administrasi Perkantoran (AP) sebagai kelas kontrol di SMK Nusantara Nanga Pinoh. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara tes dan non tes. Tes dalam penelitian ini adalah menggunakan soal pretest dan posttest, masing-masing terdiri dari 10 nomor soal uraian, nontes menggunakan angket keterampilan berpikir kritis siswa terdiri dari 25 pernyataan. Hasil analisis yang diperoleh pada kelas eksperimen yaitu keterampilan berpikir kritis pada siswa mengalami peningkatan dilihat dari pertumbuhan hasil posttest dan kesesuaian jawaban dari angket, sedangkan pembelajaran berbasis teacher center pada kelas kontrol tidak mengalami pertumbuhan dilihat dari hasil posttest yang bahkan mengalami penurunan.Kata-kata kunci: Discovery learning, keterampilan berpikir kritis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

QJIPI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics Social Sciences Other

Description

Quantum: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya (QJPIA) adalah jurnal ilmiah dalam bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) dan Pendidikan IPA. Scope dari QJPIA terdiri dari: Pendidikan Fisika (Inovasi Pembelajaran Fisika, Penilaian dan Evaluasi dalam Fisika, Media dan bahan ajar Fisika, Kurikulum Fisika ...