Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 3, No 2 (2022): Oktober 2022

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V

Joni Albar (STKIP Melawi)
Mastiah Mastiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Abstract: The expected end result of this research is There is influence of applying PQ4R learning strategy to result of student learning. This type of research is experimental using a form of pre-experimental premises of One Group Pretest and posttest research design. Duration of research for 4 meeting with research subject 22 students of class 5th SDN 4 Madong Keranjik. This research uses the instrumental technique used in this research that is the observation sheet technique of RPP implementation and test technique by using Pretest and posttest. Technique date analysis using linear test and t-test. Based on the results obtained data that is the average value of Pretest test results 48.63 while the average posttes 79.54. Value thitung 18.2047 ttable 2.0796. The increase of thitung with ttabel shows significant difference between student's value before and after implementation of PQ4R strategy. so, it can be concluded there is influence of application of PQ4R learning strategy to student learning outcomes on science subjectsKeywords: PQ4R Learning Strategies, Learning OutcomesAbstrak: Tujuan akhir yang diharapkan dari penelitian ini adalah Terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen  menggunakan bentuk dari pra-eksperimental  dengan desain penelitian One Group Pretest and posttes. Treatmen penelitian selama 4 kali pertemuan dengan subjek penelitian 22 siswa kelas V SDN 4 Madong Keranjik. Teknik dan intrumen penelitian yang digunakan yaitu teknik observasi dengan menggunakan lembar keterlaksanaan RPP dan teknik test dengan menggunakan soal pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji linearitas dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data yaitu nilai rata-rata hasil ujian pretest 48.63 sedangkan nilai rata-rata posttest 79.54. Nilai thitung 18.20 ttabel 2.07. Perbandingan thitung dengan ttabel menunjukkan perbedaan yang signifikan Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA Kata Kunci: Strategi Pembelajaran PQ4R, Hasil Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JBPK

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian dan kajian yang berkaitan dengan kebijakan dan permasalahan pendidikan dan kebudayaan. Peneliti, dosen, guru, mahasiswa, dan masyarakat umum dapat mengirimkan naskah kepada kami sesuai dengan Pedoman ...