Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
Vol 2, No 4 (2022): December

Pemanfaatan Aplikasi Untuk Pembelajaran Daring di SD Negeri 27 Sungai Raya Kalimantan Barat

Nurmila Sari Djau (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Pelaksanaan Pembelajaran Blended Learning masih dilakukan sampai saat ini, namun kurangnya kompetensi guru memanfaatkan aplikasi masih menjadi hambatan dalam melaksanakan pembelajaran daring, salah satunya di SD N 27 Sungai Raya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan aplikasi untuk melaksanakan pembelajaran daring. Kegiatan dilaksanakan dalam 3 tahapan, yaitu: tahap sosialisasi, tahap simulasi, dan tahap implementasi. Pada tahap sosialisasi, peserta mengikuti pengenalan Google secara umum. Pada tahap simulasi peserta secara bersama maupun perorangan mempelajari cara mengoperasionalkan aplikasi google hingga merancang pada mata pelajaran yang dipilihnya. Pada tahap implementasi, peserta mengimplementasikannya pada pembelajaran daring. Hasil dari kegiatan adalah terjadi peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan aplikasi khususnya Google dari 40% memiliki kompetensi menjadi 80% memiliki kompetesi dasar menggunakan aplikasi untuk pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dikmas

Publisher

Subject

Education

Description

Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian is a journal managed by Master Program in Nonformal Education Post Graduate Program Gorontalo State University. This journal contains articles of community service with the scope of Training and Marketing that are utilized for community ...