Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Pengembangan Buku Saku Berbasis Kearifan Lokal dan Karakter pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas 4 SD N Ngupasan

Winda Adhaeni (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Sugeng Eko Putro Widoyoko (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Arum Ratnaningsih (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengembangkan buku saku berbasis kearifan lokal dan karakter, (2) Mengetahui kelayakan buku saku berbasis kearifan lokal dan karakter, (3) Mengetahui kepraktisan buku saku berbasis kearifan lokal dan karakter tema indanya keragaman di negeriku kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model  ADDIE yang meliputi lima tahap (Analysis, Design,  Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini peserta didik kelas IV SD Negeri Ngupasan yang terdiri dari 17 peserta didik. Uji coba terbatas sebanyak 10 peserta didik, dan uji coba luas sebanyak 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara,observasi, angket dan analisis dokumen. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar angket respon peserta didik dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Analisi data menggunakan statistic deskriptif kuantitatif, kemudian dikonverensikan ke data kualitatif dengan skala 4 untuk mengetahui kualitas produk.Hasil validasi penelitian menunjukan bahwa buku saku berbasis kearifan lokal dan karakter yang dikembangkan layak digunakan dengan memperoleh penilaian klasifikasi sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...