Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Efektivitas Metode IMOD dalam Membaca Puisi

Nikmah Nikmah (Universitas PGRI Palembang)
Ratu Wardarita (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Membaca puisi termasuk jenis membaca estetis, yaitu kegiatan membaca yang dilatar belakangi oleh tujuan menikmati serta menghargai unsur-unsur keindahan yang terpapar dalam suatu teks sastra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif. Desain penelitian dengan pre-experimental design tipe one group pre test-post test. One group pretest-posttest design adalah kegiatan penelitian yang memberikan tes awal (pre test) sebelum diberikan perlakuan, setelah diberikan perlakuan barulah memberikan tes akhir (post test). Dari pengolahan data dapat diketahui bahwa rata-rata skor setiap aspek penilaian kemampuan membaca puisi mengalami peningkatan. Hasil penelitian melalui metode IMOD dalam pembelajaran membaca puisi dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Tanjung Batu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...