Penggunaan media dalam proses pembelajaran diharapkan dapat mengoptimalkan kegiatanbelajarr mengajar guru. Menariknya suatu media mampu menjadi daya tarik dari media itu sendiri. Pemanfaatan media dalam belajar dapat membantu meningkatkan konsentrasi siswa. Video interaktif adalah tayangan gambar bergerak disertai suara yang bersifat untuk mengendalikan suatu perintah.Video pembelajaran interaktif menyediakan materi-materi dengan ilustrasi visual dan audio sehingga diharapkan untuk mudah dipahami. Selain menampilkan materi ajar, dalam video pembelajaran interaktif berbasis materi dan soal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media video interaktif tema 6 subtema 3  pembelajaran 1 kelas III yang layak dan efektif pada peserta didik di sekolah dasar. Peneliti menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan model pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementasion, Evaluation). Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kuantitatif dan kulitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil dari validasi oleh ahli materi mendapatkan penilaian sebesar 87% dengan kategori “Sangat Baik”, ahli media mendapat penilaian sebesar 87% dengan kategori “Sangat Baik”, hasil uji coba respon dengan mendapatkan penilaian sebesar 94% dengan kategori “Sangat Baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa media video interaktif ini layak dan efektif digunakan oleh peserta didik di sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022