Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 7 No 1 (2022): VOLUME 7 No 1 Tahun 2022

Tahlīlu Akhtāi Ashshautiyah Fī Qirāati an-nashhi Al-`arabiyyah

Nurasni (Unknown)
Meutia Rahmah (Institut Agama Islam Negeri Langsa)
Khuzaimah Alfisyahrina (Institut Agama Islam Negeri Langsa)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk kesalahan fonologi yang terjadi ketika siswa dayah Raudhatun Najah dalam membaca teks arab, untuk mengetahui fator yang menyebabkan kesalahan fonologi dalam mebaca teks arab siswa dayah Raudhatun Najah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripif analisis dengan pendekatan kualitatif.. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini dilakukan didayah Raudhatun Najah. Dan hasil penelitian sebagai berikut: Bentuk-bentuk kesalahan fonologi yang terjadi pada siswa Raudhatun Najah yaitu bentuk kesalahan penghilangan huruf, kesalahan pelafalan ( pengucapan) huruf yang hampir sama, kesalahan penyimpangan huruf, dan bentuk kesalahan penyisipan atau penambahan. Faktor–faktor yang menyebabkan kesalahan fonologi ketika membaca teks arab yaitu : ketidakmampuan siswa dalam melafalkan huruf yang benar,siswa tidak terbiasa dalam melatih pengucapan huruf dan minim membaca teks arab dalam kehidupan sehari-hari, kurangnya motivasi siswa dalam mempelajari bahasa arab khususnya di maharah qiraah, kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa arab,dan minimnya usaha guru untuk memotivasi siswa dalam belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

intisyar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

AL INTISYAR: Jurnal Bahasa Arab emphasizes specifications in the discourse of Arabic. AL INTISYAR invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related. That aims to encourage and promote the study of Arabic from a wide range of ...