Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan Geogebra Classroom pada peserta didik kelas XII MIPA 2 di SMA Negeri 2 Pagaden. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil motivasi belajar peserta didik diperoleh melalui angket dan data hasil belajar peserta didik diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor angket motivasi belajar peserta didik sebesar 16,55. Selain itu, jika dilihat dari tes hasil belajar peserta didik terdapat peningkatan rata-rata sebesar 9 dan juga tingkat kelulusan sebesar 15%. Berdasarkan hasil ini terlihat bahwa dengan meningkatnya motivasi peserta didik maka pemahaman peserta didik juga ikut meningkat karena peserta didik terlibat secara aktif dalam penyelesaian masalah. Dengan demikian Problem Based Learning berbantuan Geogebra Classroom berdampak positif terhadap peserta didik terutama motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu, Problem Based Learning berbantuan Geogebra Classroom disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika.
Copyrights © 2022