Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Ayam MSP materi satuan panjang berbantuan aplikasi scratch dengan menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development  (R&D). Sampelnya adalah siswa kelas III SDN Cigugur Tengah Mandiri 2 yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan media sangat baik dan layak digunakan di lapangan serta dapat meningkatkan pemahaman siswa. Ini terlihat dari hasil validasi media serta hasil respon siswa terhadap  pemahaman konsep materi satuan panjang menggunakan media pembelajaran Ayam MSP berbantuan aplikasi scratch dengan menggunakan model discovery learning. Hal ini menjadi bukti dengan rata-rata persentase validasi media 93% (sangat baik) dan rata-rata persentase peningkatan pemahaman konsep 73,46% (Baik). Dengan begitu solusi agar siswa dapat memahami konsep pembelajaran matematika materi satuan panjang menggunakan media pembelajaran Ayam MSP berbantuan aplikasi scratch dengan model discovery learning adalah tepat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022