Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)
Vol 1, No 2 (2022): Desember

Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Tata Surya Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division Berbantuan Aplikasi Solar System Scope Dan Book Creator Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Kelas VI Sekolah Dasar

Indira Salshanabila Putri (SDN Baros 3)
Jajang Bayu Kelana (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengahasilkan sebuah produk yang layak, praktis serta efektif bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model dari Borg and Gall, subjek dari penelitian ini merupakan siswa kelas VI sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Proses pengembangan, dimulai studi literatur dan studi lapangan melalui proses wawancara untuk mengetahui potensi serta masalah dalam pembelajaran IPA serta membuat rancangan awal produk. 2) Menghasilkan produk Bahan Ajar menggunakan model Student Teams Achievement Division yang layak untuk meningkatkan kerjasama siswa dan hasil belajar siswa pada materi tata surya, ditinjau dari hasil nilai kelayakan oleh validator yang memperoleh nilai layak. 3) Bahan ajar ini disambut baik oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran hal ini dapat dibuktikan dengan angket respon siswa yang memperoleh kategori menarik. 4) bahan ajar menggunakan model STAD berbantuan Book Creator dan Solar system scope dapat meningkatkan kemampuan konsep IPA. Hasil dari peningkatan belajar siswa pada ranah kognitif memperoleh nilai gain 0,76 sebesar yang artinya peningkatan hasil belajar ranah kognitif kategori tinggi untuk uji skala luas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) menerbitkan penelitian orisinal atau makalah teoritis tentang belajar mengajar yang berkaitan dengan isu-isu terkini. Kami merekomendasikan penelitian tindakan kelas, kualitatif, deskriptif, atau kuantitatif. Kami dapat memproses naskah penelitian pengembangan ...