Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)


PENGARUH MARKETING DI SOCIAL MEDIA YOUTUBE TERHADAP NIAT BELI PRODUK SONY (KAMERA) DI INDONESIA

Ariana, I Made Agus (Unknown)
Putra, Gilang Affanda Sovianto (Unknown)
Bernarto, Innocentius (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah Social Media Marketing Activity (SMMA) yang dilakukan oleh brand berpengaruh positif terhadap brand equity? Apakah distribusi Electronic Word of Mouth (e-WOM) yang terjadi pada media sosial dapat meningkatkan niat beli pelanggan? Serta dampak Social Media Marketing Activity (SMMA) terhadap niat beli pelanggan/ purchase intention. Pengumpulan data responden dalam penelitian ini menggunakan survei kuesioner online terhadap 100 pengguna YouTube di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Modelling (PLS-SEM) yang menunjukkan efek positif SMMA terhadap brand equity. Selain itu, brand equity memiliki dampak positif pada e-WOM, dan e-WOM mempertahankan pengaruh positif terhadap niat pembelian pelanggan/ purchase intention. Terakhir, SMMA juga telah menunjukkan dampak langsung terhadap niat pembelian pelanggan. Kata Kunci: Aktivitas Marketing Media Sosial, Ekuitas Merek, e-WOM, Niat Pembelian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...