JRFES
Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains

PENGGUNAAN LKS BERBASIS KARAKTER BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA




Article Info

Publish Date
10 May 2016

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pembelajaran fisika siswa dengan menggunakan lembar kerja siswa konvensional yang masih rendah. Populasi siswa adalah seluruh siswa kelas X matematika dan fisika SMA Negeri 9 Padang yang terdiri lima kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling memilih kelas X matematika dan fisika 5 sebagai eksperimen, dan kelas X matematika dan fisika 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah uji prestasi fisika dalam bentuk lembar penilaian esai dan keterampilan. Berdasarkan lembar penilaian ketrampilan yang dikenal dengan predikat kelas eksperimen 96,90 nilai A, dan kelas kontrol 73,20 bernilai B . Sedangkan berdasarkan uji prestasi fisika diketahui kelas eksperimen berkonotasi 87,58 dan predikatB,  kelas kontrol 73,20 berkonversi 2,93 predikat C. Hasil analisis data diketahui bahwa kedua sampel tersebut biasanya distribusinya dan tidak memiliki ho mogeny, pada tingkat α = 0,05. Uji hipotesis diperoleh t’ = 2,52 dan t = 1,20 berarti t’ > t hipotesis diterima. Kata kunci: Hasil pembelajaran fisika, lembar kerja siswa berbasis pemikiran kritis

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JRFES

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

JRFES scopes are the result of research on physics research and physics education. JRFES is focused on publishing original research results that have not been published anywhere. Issues published by JRFES cover the areas of education namely planning, implementation, and evaluation of Education and ...