Haumeni Journal of Education
Vol 2 No 2 (2022): Edisi Desember 2022

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Santifik Menggunakan Model 4-D pada Materi Koordinat Kartesius Untuk Siswa Kelas VIII SMPN 18 Kota Kupang

Suryani Rambu Justicia Djakadana (Universitas Nusa Cendana)
Christine K. Ekowati (Unknown)
Magdalena Wangge (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan model 4-D pada materi koordinat kartesius siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kupang yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan yang mengacu pada Model 4-D (Four-D Model) yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desseminate). Pada tahap penyebaran tidak dilakukan karena tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengembangkan RPP, bahan ajar dan LKPD yang baik dan efektif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket respons siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif.Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kevalidan RPP sebesar 87,03%, kevalidan Bahan Ajar sebesar 87,5% dan kevalidan LKPD sebesar 87,45% yang berarti perangkat tersebut telah valid dan layak digunakan. Perangkat yang dihasilkan praktis karena lembar penilaian kepraktisan oleh guru berada pada kategori sangat baik. Perangkat juga memenuhi kriteria keefektifan yang meliputi aktivitas siswa, respons siswa dan hasil belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...