JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya)
Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP)

Implementasi E-Modul Berbasis STEM Berbantuan LMS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Era Covid-19

Umu Nailil Alaini (Unknown)
Ismu Wahyudi (Unknown)
Agus Suyatna (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 1970

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan E-Modul berbasis STEM berbantuan LMS pada materi Usaha dan Energi terhadap peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif peserta didik di era Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Metro dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 2, IPA 3 dan IPA 5 MAN 1 Metro. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test, dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test , menunjukkan nilai Sig.(2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,00. Sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh penggunaan E-Modul berbasis STEM berbantuan LMS berupa Google Classroom terhadap hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif. Hal ini juga dapat terlihat dari hasil uji N-Gain pretest-posttest peserta didik, didapatkan nilai rata-rata sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-Modul berbasis STEM berbantuan LMS berupa Google Classroom mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jifp

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings related to physics (Materials, Computation, and Theory) and education physics (learning media ...