Jurnal Studi Islam
Vol 11, No 2 (2022): Desember 2022

URGENSI PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SD NEGERI 5 NAMLEA KABUPATEN BURU

Wa Djamulia (Unknown)
Adam Latuconsina (IAIN Ambon)
Hasan Lauselang (IAIN Ambon)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

The purpose of the study was to determine the implementation of the principal's academic supervision in improving the professionalism of PAI teachers at SD Negeri 5 Namlea and to determine the supporting and inhibiting factors in the implementation of the principal's academic supervision in improving the professionalism of PAI teachers at SD Negeri 5 Namlea, Buru Regency. This type of research is descriptive qualitative. The research took place at SD Negeri 5 Namlea, Buru Regency. The informants in this research consisted of 6 informants. Data analysis uses data reduction, data assessment and data conclusions. The results of the study concluded that the implementation of principal supervision in improving the professionalism of PAI teachers at SD Negeri 5 Namlea had been carried out through the planning stage, implementation stage, evaluation/follow-up stage gave a good effect on increasing the professionalism of PAI teachers. The impact of supervision of SD Negeri 5 on the improvement of the PAI teacher profession, namely teachers can carry out learning with various methods, learning models, learning media according to the material being taught.Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam  meningkatkan profesionalisme guru PAI di SD Negeri 5 Namlea  dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di SD Negeri 5 Namlea Kabupaten Buru. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian bertempat di SD Negeri 5 Namlea  Kabupaten Buru. Informan dalam penelitan ini terdiri dari 6 orang informan. Analisis data menggunakan tahap reduksi data, pengkajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di SD Negeri 5 telah dilakukan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi/tindak lanjut memberikan efek baik terhadap peningkatan profesionalis guru PAI. Dampak supervisi SD Negeri 5  terhadap peningkatan profesionalisme guru PAI yakni guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan berbagai metode, model pembelajaran, media pembelajaran sesuai materi yang diajarkan. Faktor kendala adalah waktu, kesiapan guru, implementasi RTL dan  keterbatasan  interaksi kepala sekolah dengan guru.

Copyrights © 2022