Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa
Vol. 1 No. 4 (2022): November : Inspirasi Dunia : Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa

THE STUDENTS' PERSONAL LEARNING ENVIRONMENT (PLE) ENGAGEMENT IN THE SCIENTIFIC WRITING COURSE

A’thi Fauzani Wisudawati (Politeknik Negeri Madiun)
Muhammad Isa (Politeknik Negeri Madiun)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Para mahasiswa dituntut untuk menyusun sebuah artikel ilmiah yang mereka refleksikan dalam sebuah publikasi. Keterampilan menulis dimunculkan melalui teori, dan fakta, serta mengkolaborasikan aspek-aspek tersebut mejadi sebuah gagasan ilmiah yang baik. Tantangan untuk meyusun artikel ilmiah membawa peluang bagi konsepsi pembelajaran secara mandiri (PLE). Penelitian ini membahas bagaimana keterlibatan mahasiswa dengan lingkungan belajarnya ketika mereka menyusun artikel ilmiah. Terdapat sembilan belas mahasiswa pascasarjana jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia sebagai peserta penelitian. Metode penelitian yang digunakan berupa observasi, kuesioner, dan wawancara mendalam untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memiliki keterlibatan yang kuat dalam penggunaan teknologi atau perangkat digital untuk mendukung pembelajaran penulisan artikel ilmiah. Namun, kebutuhan untuk memanfaatkan perangkat atau sumber offline juga menunjukkan angka yang signifikan. Implikasi dari penelitian ini ditujukan kepada dosen mata kuliah penulisan akademik sebagai refleksi pengajaran 2.0 dan peserta didik sebagai referensi dan pembelajaran di masa depan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

insdun

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa: ISSN: 2963-5004 (cetak), ISSN: 2963-5438 (Online) Menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang masalah terkini dan utama yang berhubungan dengan ilmu pendidikan dan bahasa. Artikel bisa ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. ...