Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 3 No 2 (2022): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Analisis Metode Pembelajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah

Mamkua Amirullah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Tutut Handayani (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Amir Hamzah (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis metode pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh pada penelitian ini didapat melalui wawancara dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari 2022. Hasil penenlitian ini menunjukkan bahwa metode yang diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu menggunkan beberapa metode, yaitu metode tanya ceramah, metode tanya jawab, metode talking stik dan metode snowball throwing. Dengan diterapkannya metode tersebut membuat peserta didik antusias dan mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dengan mengkombinasikan metode-metode itu siswa menjadi semangat dan tidak bosan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

limaspgmi

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian dan studi kasus yang berfokus pada pendidikan dasar. Ruang lingkup Limas PGMI adalah: 1. Pengembangan Kurikulum di Pendidikan Dasar (MI/SD) 2. Pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, Seni dan Muatan ...