ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 12, No 3 (2022): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Kiki Pratama Rajagukguk (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum)
Nurhamimah Rambe (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media interaktif berbasis Discovery Learning yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD/MI. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development mengacu pada model pengembangan Tessmer yang memiliki 4 tahapan : a) self evaluation b) expert review dan one to one c) small group dan d) field test. Evaluasi formatif  dengan  tiga  tahap,  yaitu  uji  coba ahli (expert review), evaluasi satu lawan satu (one to one evaluation), dan evaluasi kelompok kecil (small group evaluation). Metode analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD/MI di kecamatan Selesai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...