ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 12, No 3 (2022): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

REPRESENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU TEKS BAHASA INGGRIS TINGKAT SEKOLAH DASAR: ANALISIS WACANA KRITIS

Abid Abid (Universitas Negeri Gorontalo)
Elsje Louise Sambouw (Universitas Negeri Gorontalo)
Nurmin F. R. Samola (Universitas Negeri Manado)
Fifian Violina Uloli (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Buku teks merupakan sumber yang tepat dalam membelajarkan nilai-nilai, termasuk pendidikan karakter. Namun, pada tingkat Sekolah Dasar berbasis keagamaan, masih sedikit penelitian yang mengkaji bagaimana nilai-nilai tersebut direpresentasikan di dalam buku teks Bahasa Inggris. Dengan menggunakan analisis wacana kritis, penelitian ini mengkaji bagaimana buku teks Bahasa Inggris yang digunakan di sekolah tersebut memuat nilai pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang paling dominan adalah disiplin, bersahabat/komunikatif, serta gemar membaca. Penelitian ini diharapkan dapat melengkapi literatur yang ada tentang muatan pendidikan karakter dalam buku teks bahasa Inggris yang dipakai di Sekolah Dasar di Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...