Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam
Vol 12, No 3 (2022)

Efektivitas Penggunaan Metode A Ba Ta Tsa Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di LTQA Ibnu Mas’ud Desa Beurawe Banda Aceh

Nadyatul Hikmah (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Saifullah Isri (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Teuku Zulkhairi (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh,)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Metode  pembelajaran merupakan cara yang di tempuh  oleh tenaga pendidik dalam  menyampaikan  materi pelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran yang efektif. Diantar metode yang digunakan untuk mengentaskan buta huruf al-Qur’an adalah metode A Ba Ta Tsa pada Lembaga Tahfizh Qur’an  Anak (LTQA) Ibnu Mas’ud  Desa Beurawe Banda Aceh, Namun dalam  pelaksanaannya masih ada tenaga pendidik  yang belum  menerapkan  metode A Ba Ta Tsa dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  proses pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an dengan penggunaan  metode A Ba Ta Tsa, untuk mengetahui kompetensi dan profesionalisme guru dalam  menggunakan metode A Ba Ta Tsa dan untuk menemukan solusi dari problematika yang terjadi dalam proses pelaksanaan pembelajaran ak-Qur’an berbasis metode A ba Ta Tsa di LTQA Ibnu Mas’ud Desa Beurawe Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam  penelitian  ini adalah  penelitian  tindakan  kelas. Subjek dalam  penelitian ini adalah  tenaga pendidik dan  santriwati. Teknik pengumpulan data pada penelitian  ini menggunakan  observasi dan  tes. Hasil penelitian  ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an dengan  menggunakan metode A Ba Ta Tsa sudah efektif dengan pencapaian rata-rata setiap siklus adalah 89% , kompetensi dan profesionalisme guru dalam  menggunakan metode A Ba Ta Tsa sudah  sangat baik serta setiap ada  problematika selalu menemukan solusi untuk menyelesaikannya. Sehingga penggunaan metode A Ba Ta Tsa di LTQA Ibnu  Mas’ud sudah diterapkan dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mudarrisuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal MUDARRISUNA (JM) publishes scholarly articles on education science and Islamic education in particular, based on researches and project reports, book reviews. Jurnal MUDARRISUNA (JM) accepts submission in the field of education science and Islamic education science in scope Aqeedah, Morals, ...