Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 11, No 2 (2022)

PEMBUATAN E-MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI USAHA DAN ENERGI

Deo Demonta Panggabean (Universitas Negeri Medan)
Stephanie Sisilia Sembiring (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul fisika berbasis problem based learning dan mengetahui tingkat kelayakan serta kepraktisan dari e-modul. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan 4D Models oleh Thiagrajan yang telah dimodifikasi. Subjek penelitian adalah kelas X Mipa 1 yang terdiri dari 35 siswa. Hasil penelitian berupa e-modul fisika materi usaha dan energi berbasis problem based learning. Hasil uji kelayakan e-modul oleh ahli media yang terdiri dari empat komponen penilaian memproleh nilai sebesar 87% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli media dengan satu komponen penilaian yang terdiri dari 26 soal memperoleh nilai 86% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli pembelajaran yang terdiri dari lima komponen penilaian memperoleh nilai 82% dengan kategori sangat layak. Tingkat kepraktisan e-modulĀ  diperoleh berdasarkan respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan yang terdiri dari empat komponen penilaian memperoleh persentase sebesar 86% dengan kategori sangat praktis.

Copyrights © 2022