Pembelajaran daring membuat siswa kurang dalam memahami konsep materi fisika, sehingga hasil belajar semakin rendah. Solusi alternatif untuk mengatasi hasil belajar yang rendah yaitu menggunakan media pembelajaran PhET Simulation yang menampilkan informasi tentang konsep fisika yang cukup lengkap. Tujuan penelitian untuk mengkaji motivasi belajar dan mengkaji pengaruh media PhET Simulation terhadap hasil belajar fisika pada siswa SMK. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kertosono pada murid kelas X. Penentuan sampel memakai metode cluster random sampling sehingga mendapatkan dua kelompok yaitu X TPM 3 selaku kelompok kontrol dan X TOI selaku kelompok eksperimen dengan jumlah di kedua kelas terdapat 70 siswa. Penelitian menggunakan pretest-posttest control group design dengan teknik perolehan data pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda beralasan, observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data analisis yang didapatkan menggunakan uji statistik yang diantaranya uji normalitas dan uji independet sample t-test adalah terdistribusi normal dan nilai signifikan kurang dari taraf signifikan sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran PhET Simulation terhadap hasil belajar fisika siswa. Data hasil analisis motivasi belajar diperoleh interpretasi sangat kuat.
Copyrights © 2022